August 18, 2013

Cinta, dan alasan dibaliknya.


Pernah denger kata-kata "aku sayang sama kamu gapake alasan, karna kalau alasan itu udh gak ada, berarti rasa sayng aku ke kamu juga udahan.." nggak??

Pasti pernah kan ya. Atau bahkan lo yang pernah ngucapin hal itu? 

Kayak gue, gue pernah ngucapin hal itu.

Tapi semalem ada yang bilang ke gue gini, 


"dar, cinta itu pake alesan lagi. Kalo ga ada alasannya, apa yang mau diperjuangin? Gamungkin banget kalo nggak ada alasannya."

"tapi kalo ada alasannya nanti kalo alasan itu udah gak exist lagi gimana? Sayangnya abis gitu?"

"alasannya boleh berubah seiring berjalannya waktu. Tapi pasti, pasti ada alasan kenapa lo sayang sama orang itu. Gak ada yang namanya ditanya 'lo gimana sayangnya sama dia?' 'sayang banget.' udah gitu aja. Gak ada alasannya. Gak ada yg bisa diperjuangin. Karna lo cuma sayang, titik. Hambar, kali. Beda kalo ditanya "lo sayangnya sama dia gimana?" "iya gue sayang deh sama dia, dia bisa bikin gue nyaman, dia asik diajak ngobrol, dia seru, rame, perhatian, dsb dsb.." kan ada alasannya dar. Jadi suatu saat ketika alasan itu mulai semu keberadaannya, lo bakalan cari alasan lain untuk tetap sayang sama dia. Lo akan berusaha untuk mempertahankan hubungan kalian, karna ada alasan dibalik itu semua."


Mungkin bener juga. Gak deng, bukan mungkin. Emang bener. Kita sayang sama orang, pasti ada alasannya.

Entah orang itu bisa bikin nyaman, orang itu seru, orang itu ganteng, orang itu cantik, apapun. Psti ada alasannya.

Terus dar gimana kalo suatu saat alasan itu mulai hilang, hubungannya mulai terasa hambar, dan lo juga gak bisa nemuin alasan lain selain 'sayang banget' itu?


Mungkin sudah saatnya hubungan itu berakhir. Karna nggak bisa lo bertahan dengan alasan 'sayang banget' titik. Semua itu punya batas limit waktunya. Gak ada yang abadi. Manusia aja bakalan mati. Semua itu udah diatur, udah ditentuin limit waktunya. 

Happily ever after itu hanya ada di dongeng. Dan dunia yang kita pijak ini bukan dunia dongeng.

Ini nyata.


Mungkin lo harus keluar dari zona nyaman lo. Lo harus keluar dari 'yaudah gini aja toh gue fine-fine aja'  karena terkadang lo memang harus terjun untuk merasakan dinginnya air. Bukan hanya duduk-duduk dipinggir dan berharap kecipratan.

Sama halnya dengan proses mencari kebahagiaan. Mencari rasa bebas.

Lo gabisa ngikut maunya orang itu terus. Gabisa selamanya ngikut duduk-duduk aja dipinggiran, berharap kecipratan rasa bebas dan bahagia. Emang sih, nyaman duduk. Tapi apa lo gak capek kelamaan duduk? Lo harus bergerak. Lo harus terjun.

Terjunlah. Lompat setinggi-tingginya. Hirup udara bebas sampai lo sesak. Kemudian mendaratlah dengan indah di laut. Air memecah menyambut kedatangan lo. Lo bebas. Lo bahagia. Lo lepas. Lo ngerasain segernya air. Lo akhirnya bisa merasakan rasanya begitu menyenangkan didalam air, setelah sekian lama lo cuma duduk-duduk di tepian.

Asik? Asik lah. Seneng? Senenglah. Bahagia? Bahagialah.

Tapi untuk merasakan itu semua lo harus mengalahkan rasa takut lo.

Rasa takut untuk ngelompat. Untuk keluar dari zona lo. Lo harus mulai memperhatikan sekeliling. Lo gabisa selamanya bodoamat dan berdiri atasnama sayang.


Lompatlah. Rasakan pekatnya udara di langit lepas. Kemudian Rasakan segarnya air. Nikmati semuanya.


Dan lo akan terlahir baru.


Kalo kata para motivator sih.....


Lepaskanlah rantai gajahmu.






Sekian.



No comments:

Post a Comment