December 17, 2011

Hidup (?)

lately, i've been thinking about life.


tadinya gue udah di kasur. udah matiin laptop dan selimutan. gue udah dalam posisi siap tidur dan gue mencoba untuk merem. 


dan ketika gue merem, sebuah pertanyaan muncul di otak gue.


"hidup? adil, atau nggak?"

sambil merem gue terus mikir. sampe akhirnya gue gabisa tidur dan kembali meraih laptop dan modem. gue berniat untuk berceloteh pagi buta gini.

berceloteh tentang hidup.


hidup itu apa sih? bernafas, berfikir, berjalan, berlari?

apa sih tujuan hidup itu? kenapa hidup bisa jadi nggak adil, atau sebaliknya? kenapa hidup ngga netral aja?

lately, i had a terrible week. i've been feeling so lonely and desperate.

"semuanya seakan mengecam saya untuk diam. membuat saya menunduk dan menangis. membuat saya merenung dan kembali berfikir tujuan saya terlahir ke dunia ini." -raraynf.

satu persatu masalah dateng. semakin dibawa enjoy, semakin setiap malem gue kepikiran akan masalah itu. 

okelah siang sampe sore gue tawa tawa sama temen-temen gue. tapi masalah itu selalu pop up di kepala gue tiap malem. 

mulai dari nilai sampe masalah hidup. iya hidup.

"Pause if you must. Just never give up." -raraynf

motto itu dengan kerennya gue jadiin description blog gue. kebaca kan? ada di atas sebelah kiri dibawah nama blog gue.

semalem gue chat sama temen gue. namanya keinda. dia nanya sama gue:

"gue sebenernya menurut lo itu, gue suka sama siapa? gue capek dan takut di php-in lagi*"

*php. pemberi harapan palsu. orang yang seenaknya ngelempar harapan ke orang lain tanpa maksud tertentu. 

"gak tau. jangan takut di php-in lah. kalo jatoh, bangun lagi." i said.

"tapi kan sakit dar kalo jatoh." she said.

extremely true. rasanya sakit.

lalu gue mulai berfikir tentang perjalanan sebuah hidup. dari lahir, berkembang, merangkak, berjalan, lalu berlari.

gue mulai menghubungkan itu sama kehidupan gue. sebenernya akhir-akhir ini, 'hidup' di kehidupan gue itu gimana sih? dia lari, jalan, merangkak, atau apa? 

lalu gue diem dan menyadari sesuatu. 

'hidup' di kehidupan gue lagi duduk. lagi diam dan menanti.

maybe because of that all of my problems doesn't get solved easily. karena gue gak maju. gue diem. gue terikat..sama masa lalu.

masa lalu. ngebahas masa lalu jadi terikat sama love and laughs: cinta dan tawa.

"persahabatan adalah akar dari cinta dan cinta adalah akar dari kebahagiaan yang sejati " -Sitta Karina

persahabatan..cinta. masa lalu. memori. 

seandainya masa lalu bisa diapus kayak kita nulis pake pensil, terus diapus pake penghapus. unfortunately, i wrote my life with a pen. and there aren't any corection tapes to erase it and there aren't any undo buttons to undo it.

"memories are supposed to fade." -raraynf

orang berubah. perasaan berubah. tapi tidak dengan memori.

dia tetap ada disana. diam. tidak berubah pun tidak bisa diubah.

jadi gue berterimakasih untuk kenangan manis yang udah terjadi, dan kenangan pahit yang gue alamin. at least mereka menjadi sesuatu yang remarkable buat gue. 

bahkan beberapa memori membuat gue teringat akan sesuatu.

memori buruk membuat gue berfikir bahwa hidup itu tidak adil. sedangkan memori menyenangkan membuat gue lupa sama hidup, terkesan hidup itu adil banget buat gue.

padahal gue secara tidak sadar mungkin menyakiti perasaan orang atas pemikiran gue.

hidup itu nggak pernah ngga adil. hidup itu selalu adil. tergantung dari mana lo ngeliat si 'hidup' ini.

dari sisi positif atau negatif?

ambillah contoh dari kejadian yang paling sering terjadi:  lo dijauhin sama sahabat lo dan dia punya sahabat baru. yang ada dipikiran lo pasti: apaan sih ga adil banget hidup. gua kan yang duluan temenan sama dia kenapa dia jadi ninggalin gue gitu coba ga tau diri banget.

let's see, itu sisi negatif nya kan? sisi positifnya?

sisi positifnya itu: coba lo liat.. lo udah bisa bikin dia punya temen baru. lo hebat, dan lo mungkin udah cukup berbagi kebaikan dengan dia. saatnya lo berbagi kebaikan dengan orang lain dan orang itu mungkin bukan si sahabatlo ini.

" think negative side and positive side in the same weight. " -raraynf


berfikirlah dengan cara menyamakan bobot sisi negatif dan positif. *talk to myself*

gue berencana untuk membuat 'hidup' di kehidupan gue mulai berjalan lagi. mungkin awalnya agak susah karena dia udah kelamaan duduk. tapi pasti bisa. jalan pelan-pelan, terus coba lari. 

setelah lari gue bisa melihat sekitar gue sambil tersenyum. mungkin beberapa kali gue bakal balik ke siklus 'berjalan' lagi. karna, logikanya, siapa sih yang kuat lari terus? 

sesekali mungkin gue akan melihat kebelakang buat ngecek sejauh mana gue udah berlari, untuk sekedar ngecek apa aja yang udah gue lakuin belakangan itu.

masa lalu bukan buat menghentikan lo. masa lalu dibuat untuk mengintrospeksi diri lo.






"what's the point of being alive if you don't at least try to do something remarkable?"- john green


"because just breathing doesn't mean you're alive. not at all." -raraynf



"tertawalah selagi bisa, tersenyumlah selagi kamu mampu. sayangilah orang-orang yang kamu sayang selagi kamu bisa mengatakan kepada mereka bahwa kamu menyayanginya. nikmati hidup, menataplah kedepan. ingat siapa diri kamu yang sebenarnya, ingat tujuan kamu terlahir di dunia. hidup itu adil, dan lihatlah dunia dengan sisi yang berbeda maka kamu akan menemukan apa arti 'hidup' itu." -raraynf






BECAUSE LIFE IS AN ADVENTURE.
>this quotes taken from advertisement of a branded milk.










> photo from: makemestfu.tumblr.com




> thanks to my ditzy doo. i've sweared to you that today i'm not going to talk about him and that swear make me think about my life and what i've done lately. big hugs! ({}) 



No comments:

Post a Comment